Ajari aku menggunakan pena, akan kutulis gemercik air, udara dingin, kabut senja sampai daun gugur...Yus R Ismail

Minggu, 13 Desember 2009

penjelasan teori kenapa sakit perut kalo pagi pagi makan buah?

Pernah denger mitos jaman dulu, kita bisa sakit perut kalo makan buah pagi? Terinspirasi dari milis tahun 80'an yang ngebahas nostalgia mitos mitos aneh jaman kita masih kecil dulu. Mengingatkan gue akan sebuah mitos yang santer bgt sampe sekarang, malahan anak gue yg gue titip di nyokap gue pun diminta buat ngikutin mitos orthodoks ini, begini ceritanya,
Dikeluarga yang gue inget, kita sekeluarga ga boleh makan buah sama nyokap gue kalo pagi apalagi sebelum makan pagi.
Seiring perjalanan waktu, akhirnya gue bisa ngerti larangan nyokap yg didapetnya turun temurun dan menjelaskannya secara ilmiah.

Umumnya buah itu mengandung kadar gula (frutosa), nah di pagi hari dalam kondisi perut masih kosong produksi asam lambung itu masih penuh, di tambah lagi gas di dalam lambung, ketika rasa manis buah, bercampur getah yang bersifat asam di tambah lagi sejumlah bakteri mulut dan air liur membentuk suatu senyawa suspensi dan masuk ke dalam lambung. Asam & gas lambung sebagai tuan rumah yg "notabene" baru bangun tidur merasa terganggu dong, gile bener nih tamu dateng pagi2, ga pake kulonuwun akhirnya karena tersinggung berantemlah mereka, saking hebatnya sampe membentur seluruh dinding lambung & karena volume lambung yg memang tidak terlalu besar, ditambah lagi provokasi dari senyawa enzim liur & ftutosa bilang ke asam & gas lambung " eh elu jangan jadi jago-kandang dong, keluar dong kalo berani",....akhirnya mereka memutuskan untuk keluar dari lambung....proses ini yg di sebut sakit perut (gastrokolic) yg kadang2 memaksa si empunya perut harus ke w/c.

untuk informasi, pertempuran tersebut masih tetap belanjut di dalam septic-tank

2 komentar:

  1. penjelasan yg kayak gini ini, baru nyantel diotak..hehehe...
    ds

    BalasHapus
  2. teorinya sepertinya bener deh...septitank gue suka berisik hahahahahah

    BalasHapus