Ajari aku menggunakan pena, akan kutulis gemercik air, udara dingin, kabut senja sampai daun gugur...Yus R Ismail

Minggu, 20 Desember 2009

Fitnah

Pernah di fitnah? Gue pernah, sering malah….

Tapi yg kisah waktu masih SD gue paling ngeselin, tersebutlah sesorang namanya Joko Tingkir (sangking gedegnya gue nama’in gini aja lah). Dulu emang gue sama si Tingkir ini emang musuhan, nyaris abadi, sinis banget ama gue, mungkin emang udah jadi enemy at birth kali, la wong emak gue sama emaknya saling kenal, tapi ya kok emak gue ga musuhan ama emaknya kaya gue ama Tingkir sial ini,…Kebetulan banget tingkir ini punya gaya yg agak gemulai, tau dong maksud gue (sorry Kir).

Singkat cerita, waktu itu pas banget kita ulangan agama, sang gurunya namanya Pak Goro (Alm), gue duduk disamping seorang cewe manis pada waktu itu namanya Nurul (nama Asli), di keheningan suasana ulangan agama, gue ngomong sama Nurul, “Rul, pinjem setip dong.” Setip itu penghapus, dulu waktu SD kita belum boleh nulis pake pulpen, harus pake pensil…trus di kasih dong sama temen gue yang baek hati ini, “nih Split, setipnya…”

Mendadak si Tingkir ini angkat jari, ambil teriak “Pak Goro, si Split nyontek sama Nurul”…godverdomme!!!, tanpa tedeng aling aling suara Tingkir memecah keheningan plus mengubah suasana menjadi teror seketika, …trus sang guru pun mendatangi gue, “Split, kenapa kamu nyontek?" Sambil nyubit,…guru di sekolah gue kalo nyubit sakit, ada tehnik khusus melumpuhkan murid, si Arpan aja yg terkenal paling bangor di kelas bisa sampe melintir gara gara cubitan maut guru2 di sekolah gue.

Gue jawab “enggak nyontek pak, bener..” ya emang ga nyontek, sah dong membela diri. Spontan si manis Nurul pun angkat suara ngebantuin, “Split enggak nyontek pak, dia Cuma pinjem penghapus sama saya.” Dalam suasana panas ini gue bisa liat si Tingkir mesem mesem seolah olah menang dan berhasil ngalahin gue…

Akhirnya, lembar jawaban gue di ambil dan gue dapet nilai seadanya, kesel banget. Masih kecil aja uda begini, gimana kalo udah gede yak? Kata orang tua gue biasanya orang baik masa depannya bakal baik juga, makanya jadilah orang yang baik ya nak demikian hikayat wejangan orang tua gue, yg sebisa mungkin pengen gue pegang seumur hidup.

Sesudah 20 tahun kemudian, dalam satu kesempatan kita ketemuan, Nurul jadi dokter, Tingkir jadi “make-up artis” lumayan terkenal, dan gue jadi pengangguran, biarpun bukan gue tokoh antagonis di cerita ini tapi sepertinya kok gue yg paling ancur ya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar