Ajari aku menggunakan pena, akan kutulis gemercik air, udara dingin, kabut senja sampai daun gugur...Yus R Ismail

Kamis, 14 Januari 2010

Makhluk Norak di Ruang USG

lucu nih cerita orang

Hari ini gue pulang cepet gara-gara sakit perut. Tiap dapet, perut gue rasanya kayak diperes-peres, dijepit, digantung dan dijemur. Eh salah.. itu mah cucian. Intinya sakit. Sakit banget banget banget yang ga tertahankan. Pas gue ngadu ke nyokap, dia malah sukses membuat gue tambah parno.

"Hah kamu sakit perut lagi? Itu kemaren mama nonton di TV loh, ada orang Korea yang kalo dapet sakit banget juga sampe guling-gulingan. Sekalinya dia periksa ke dokter, diperiksa, di perutnya banyak gumpalan darah. Akhirnya dibelek dan keluar darah banyaaak banget hiiiy mama sampe serem deh."

Maksudnya apa coba dia cerita begitu. Kefed.

Anyhow gue dan nyokap pergi mengunjungi dokter obstetri dan ginekologi. Dokternya baik, ramah, murah senyum, tapi tetep aja gue parno. Takut disuntik hormon terus menggelembung kayak Manohara. Muahahaha.

Dokter: "Iya mari, Bella ada masalah apa ya?"
Nyokap: "Ini Dok, kemaren kan saya habis nonton di DRAMA KOREA. Si Bella ni kalo dapet suka sakit, takutnya kena kista atau miopi atau apa gitu Dok. Soalnya saya dulu pas seumur dia kalo dapet ga pernah sakit tuh... Blablablabla"

Miopi bukannya penyakit mata ya?

Nyokap gue ngoceh panjaaang banget sama dokternya (padahal kan yang ditanya gue ya, kok malah dia yang heboh). Mana pake tambahan curhat colongan. Ampun deh. Dan kunjungan pertama gue ke dokter kandungan ini diakhiri dengan USG. USG sodara-sodara. Gue ulangi sekali lagi, USG. Diumur gue yang masih 16 tahun ini. Mantap. Gue berasa jadi ibu hamil.

Proses USG-nya lumayan seru (buat gue). Biasa aja sih sebenernya kalo buat yang udah pernah. Kalo USG sambil naik onta keliling Dubai baru seru banget. Meheheh. Namanya juga baru pertama, masih udik. Seumur-umur gue ga pernah liat alat USG sih. Bentar ya gue cariin gambar alatnya.


Perhatian: Modelnya BUKAN gue!

Itu gambarnya ngambil dari Google Image. Gue sih berhasrat minta difotoin pas lagi USG. Nanti fotonya gue ke Facebook seluruh umat manusia biar heboh. Emangnya artis doang yang bisa bikin skandal. Ufufufufu. Tapi daripada disangka orang sinting dan didepak dari ruang praktek, gue pasrah tiduran dengan manis, diolesi sejenis gel transparan, dan merelakan perut gue diraba-raba oleh alat USG (yang bentuknya kayak cukuran jenggot raksasa).

Dokter: "Hmmmm..." *neken-neken alatnya di perut gue*
Nyokap: "Gimana Dok.."
Dokter: "Hmmmm.. Mana ya.. Coba kita cari.. Hmmm...:"

Nyokap gue mulai panik. Gue juga. Si dokternya demen banget menggumam-gumam. Gue dan nyokap sih ga ngerti gambar yang ada di monitor alat USG-nya, keliatannya cuma item putih ga jelas gitu doang. Mana si dokternya cuma ham hem ham hem doang. Duh.

Dokter: "Ini rahimnya ya... Hmmmmm..."
Nyokap: "....?"

Anjrit. Gue udah takut banget. Jangan-jangan bentar lagi dokternya akan memvonis di rahim gue ditemukan residu sapi laut. Kenapa pula ini dokter ngomongnya ngambang-ngambang gitu.

Dokter: "Hmmmmm..."
Nyokap: "Kenapa Dok, rahimnya?" *tambah panik*
Dokter: "Normal."

Gubrak.

Kemudian dia menggerakan alatnya ke sebelah kanan perut gue Monitor menunjukkan gambar hitam putih yang menurut gue ga ada bedanya sama gambar sebelumnya. Dia neken-neken beberapa tombol dengan muka serius sambil mengangguk-angguk penuh misteri.

Dokter: "Hmm ini ya.. Indung telur sebelah kanannya.."
Nyokap: "Oh iya Dok.. Sehat kan?"
Dokter: "Yaaaa... Bisa dilihat ini ada titik-titik ya Bu... Hmmm..."

Ada jeda sesaat. Nyokap panik. Gue stres tingkat tinggi. Sebentar lagi gue akan menerima vonis. Kalo vonisnya mengerikan, gue akan menangis tujuh purnama.

Dokter: "Ya berarti sehat, Bu."

Ini dokter mantan komentator bola kali yak. Demen bener bikin orang deg-degan. Udah gitu entah kenapa dia hobi melakukan segala gerakan dengan slow motion Kadang diselingi gumaman pelan dan kalimat, "Mana ya?" berintonasi mistis. Dengan wajah tak kalah mistis. Seolah-olah dia lagi nyari sesuatu yang ga sewajarnya. Seolah dia sewaktu-waktu bisa aja berteriak histeris.

"WAH BU, DI RAHIM ANAK IBU ADA JANIN BEKANTAN!!!"

Kan gawat.

Untungnya, setelah pemeriksaan mendebarkan yang cuma 5 menit tapi buat gue terasa seperti 5 jam itu, gue ga kena penyakit aneh-aneh. Gue 100% normal. Terima kasih Tuhan. Kata dokternya kemungkinan cuma dari faktor psikis aja, karena gue sering denger kalo dapet itu sakit, otak gue ngerasa tiap dapet perut gue sakit, padahal ga kenapa-napa.

Drama korea terbukti benar-benar memberikan efek paranoid berlebihan terhadap para nyokap.

1 komentar: