Ajari aku menggunakan pena, akan kutulis gemercik air, udara dingin, kabut senja sampai daun gugur...Yus R Ismail

Kamis, 14 Januari 2010

Binatang peliharaanku

Dulu gue punya seekor Felis domestica, namanya Desi, nama lengkapnya Desi Kuciniawati. Temen temen kos- kosan pada punya nama sendiri sendiri buat penamaan si Desi ini, akhirnya sepakat kita manggilnya meng-meng. Siapapun namanya, panggilannya tetep meng-meng, kasian banget ya.

Meng-meng ini emaknya kucing Siam, bapaknya kucing kampung, jadi karena si kucing kampungnya mendominasi dalam hal napsu, jadilah meng-meng berbulu kampung tapi halus kaya kucing siam. di kanan atas ini fotonya aslinya. Buat ukuran casing kucing kampung meng-meng punya ciri ciri badan montok, bulu halus, bibir pink, dan bagian belakang agak naik (aerodinamis lah), jadi ga kampung2 amat. Doyan nyakar, pertama kali gue miara tiap hari tangan gue baret baret, perih kalo mandi. bercandanya pake kuku dan gigi taring yg super tajem.

Gue ambil dari kecil di rumah temen, gue kasih makan yg mantep kalengan Whiskas yang harganya 5 porsi pecel lele (anak kos barometer makanan di ukur dari harga pecel lele). Kenapa pecel lele, bukan menu yang lain, soalnya menu ikan daur ulang itu harganya baku Rp 2500 waktu itu sama di mana mana, kalo nasi goreng kan variatif tergantung pake telor, pake ayam, ayamnya putih apa item dll lah emang cari gara gara abangnya buat mendongkrak margin.

Singkat cerita, gue ga mampu lagi ngehidupin meng-meng, soalnya menunya ga kaya kucing kampung buat tampilang casing kucing kampung. Trus tanggung jawab di ambil alih sama temen2 se-kos, nama kos kami green apple, keren ya...jangan di bayangin yg keren2, sampah di mana2, ini cuma ikut arus soalnya kalo temen2 jditanya pada kos di mana, jawabannya white house, beverly, dll jadi bikin gue ga kampring kampring bgt jawabnya kalo ada pertanyaan serupa.

Singkat cerita, gue nemuin gumpulan darah di depan pintu kamar, yah si meng-meng muntah darah nih...ternyata si Chandra bilang muntahnya dari belakang, ta'elah kucing gue AKHIL BHALIQ sekarang tugas kita buat ngejauhin meng-meng sama si PEDE kucingnya si Meirosepa Ritonga, sulit percaya soal'e si Pede seekor kucing yang tipikal cuek kalo kita lagi ngumpul di ruang tamu, dia bisa jalan mendonggak kan muka keatas tanpa permisi bablas & tanpa tedeng aling-aling mendadak berubah jadi centil gara gara ada kucing ABG ranum.
Oiya, pede ini kucing tanpa suara, pernah kita test, di masukin di kamar mandi 1 jam tutup dari luar, kita ngarepin dia teriak minta bukain kek , eh malah diem aja, begitu kita buka ya posisinya masih sama kaya waktu kita masukin.
berkali2 kita berhasil menghalau pede kalo mau kawin sama meng-meng, kita takut hasil silang genetika mendelnya makin ancur, udah setengah kampung ketemu sama kucing kampung lagi deh, tiris indo nya dong. Suatu ketika jam 2 maleman, Chandra ngelempar sendal yg bunyinya bisa mbangunin orang se-kos, maksudnya ngelempar si pede tapi kena kaleng dan jatuh dari lantai dua, berizikkk.. Ternyata kata Chandra yang emang hobi begadang, ada percobaan kawin paksa (kalo kerja paksa kan namanya romusha, kalo kawin paksa berarti prakosha) oleh si pede terhadap meng-meng. Percobaan pertama gagal, kedua gagal dst.

Suatu ketika dateng pemain baru, kampung juga, tapi lebih trendy, buntutnya ala anggora, Si Rina yang ngerasa jadi emaknya meng-meng langsung setuju aja, tapi gue enggak sependapat soalnya menurut gue meng-meng kudu nyelesein sekolahnya dulu sebelum kawin (halah lebay).

Di suatu minggu siang, kita se-kos lagi ga ada acara, keluar bareng deh makan siang, dan begitu kita pulang kita nemu meng-meng dan pendatang baru lagi posisi misionaris konvensiol ala kucing pokoke 99 lah, mau gue gusah, tapi di tahan sama Rina. Meirosepa juga mau gusah tapi karena motifnya buat jodohin meng-meng sama pede . Ada nuansa kepentingan di sini. Chandra udah ngelepas sendal mo ngelempar, dan semua tindakan batal, kita pada diem, dan nonton aja. Kenapa??? ternyata meng-meng ikut bergoyang sodara sodara, lemezz deh..

Beberapa minggu kemudian meng-meng melahirkan, tiga ekor, yang pertama & kedua keluar dgn gampang yg ketiga sungsang (kaya tau aja), keluar tapi setengah badan trus si meng-meng bikin gerakan memutar sekali dua kali perlahan, ga keluar juga,.. akhirnya bikin gerakan ala gangsing lama banget sampe mental tuh bayi ketiganya.

Beberapa bulan berselang gue harus pergi PKN ke Surabaya, dan nitipin meng-meng ke temen2 kos, ternyata pada hari yang sama gue pergi, kata Rina, meng-meng juga pergi dan ga balik2 lagi. Sedihnya.


-----------------------Q--------------------------
Dari Rina:
"Lanjutannya gini, abis si meng2 pergi, anak2nya yg 2 gw bw ke bgr,g kasih nama coka ama coki soalnya kembar, beda di idung doang,satu coklatnya di kanan satu di kiri,yg satu lg gw lupa kemana,trus gw piara tp gw gak inget lg ending-nya gmn soalnya gw sampe thn 2008 udah miara sekitar 30an kucing"
-----------------------Un'Q--------------------------

3 komentar:

  1. Gue juga piara kucing domestik nih. Senasib bang, kucing dirumah makannya lebih mahal daripada majikannya ;P

    BalasHapus
  2. apalagi status gue anak kost, dia makan ayam, gue makan tempe oreg...kontras bgt

    BalasHapus
  3. sama aja di rumah biayanya jauh lebih banyak ketimbang majikannya -__-

    BalasHapus