Ajari aku menggunakan pena, akan kutulis gemercik air, udara dingin, kabut senja sampai daun gugur...Yus R Ismail

Senin, 05 April 2010

Ini Jajang yang asli

Adalah Jajang seorang supir di depan rumah tempat kost gue beberapa tahun yang lalu. Lulusan kelas 5 SD (kalo kelas 5 mungkin belum lulus Jang...kelas 6 baru lulus SD namanya) demikian pengakuannya. Jajang ini umurnya cuma beberapa tahun di bawah gue tapi kelakuannya ga beda sama anak2 SMP. Yang gue seneng si Jajang ini baeknya setengah mati, dengan gaji gue yang pas-pasan, buat bayar kos, makan, ongkos pulang pergi Jakarta Bandung demi pacar, alhasil gue jarang makan enak. Nah, di sinilah fungsi Jajang buat mendatangkan makan enak. Dia sering nanya, Bang Split udah makan belum?..."Blum jang males jalan hujan,"..tau2 5 menit kemudian dia bawa piring dengan lauk-pauk yang mantep bener, ikan daging dll, es teh manis tinggal bikin sendiri di kost2an...lengkap deh...sering banget nih anak nyelundupin "logistik" ke kamar gue...indahnya dunia..

Suatu ketika gue harus ikut arus urbanisasi kembali ke ibukota, hubungan sama Jajang masih berlanjut via HP, dan telpon land-line. Dia ga ngerti email dan internet, tapi cukup tau facebook walaupun fotonya yang di pajang Ariel Peterpan. Seiring waktu ada kemunduran ekonomi dari keluarga majikan yang bikin Jajang jadi luntang lantung, selalu nanya apa ada lowongan buat jadi supir pribadi. Suatu ketika gue berhasil menemukan seseorang teman di Bandung yang kebetulan sahabatnya butuh supir pribadi, hasil pertemuan itu temen gue mau nyampein infonya ke sahabatnya dan dia minta nomer telpon Jajang buat mempermudah komunikasi.

Lama ga ada kabar, Jajang nelpon ke gue, apa yang ada kabar dari temen gue, kok dah 2 bulan belum ngasih kabar? karena Jajang kehilangan handphonenya, gue suruh ngurus buat ngambil nomernya lagi tapi dia ga ngerti...jadi gue bilang "Belum Jang, sabar aja.".. Selang beberapa bulan kemudian, Temen gue ngirim email yang intinya: "Jajang di tangkep polisi ternyata dia residivis" Kaget banget...

Ternyata Sahabatnya temen menghubungi nomer telpon Jajang yang di copet oleh sang residivis, dan mengkonfirmasi kalo Jajang bisa mulai kerja di rumahnya. Sial banget udah nyopet dapet kerjaan pula tuh residivis. Dan hanya bertahan 1 minggu sebelum akhirnya di ciduk polisi, Untungnya orang ini belum melakukan apa apa ke Sahabat temen gue.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar