Ajari aku menggunakan pena, akan kutulis gemercik air, udara dingin, kabut senja sampai daun gugur...Yus R Ismail

Selasa, 03 Agustus 2010

Cerita sedih

Sepanjang hari lagunya cuma Sway & Good Morning Baby-nya Bic Runga

Jadi Inget Jawa-bali overland………11 Mei 2003, karena semua tiket pesawat ga ada, maka bela belain naek kereta sendiri ke Surabaya, Rencana gue mo ndatengin Ibu Slamet, ibu kost gue di Surabaya (waktu gue masih PKL di sana 1998-1999) cerita gue bakal panjang banget tentang itu di atas,

Sampe Surabaya malem bgt, naek kereta, nginep di daerah Turi,…wuw,…daerahnya "kotor",…sampe sana jam jam 23.30an,…naek becak sampe losmen,…(sebenarnya gue udah booking di Hotel Mirama, Surabaya, tapi karena kemaleman gue pending 1 hari buat check in hari berikutnya….thanks to Anita temen gue di Surabaya yg bantu ngurusin)…..sampe sono kan capek,…karena gue ngambil sehari itungannya gue check out besok jam 12 siang….berarti gue cuman punya waktu 12 jam doang…..minta sarapan (sarapan malem)…mas masnya yang dateng, ngetok pintu ngasih pesenan roti gue….sambil senyum emasnya nanya "cukup ini aja mas?"….gue bilang "cukup, mas terima kasih…." Gue kasih tips (seperti biasa)…kok dia diem aja, ga kabur gitu?…masih tetep senyum aja ama gue….tips gue kurang kali ye,…masa pesen Roti 15 rebu gue kasih tips 10 rebu masih kurang?….trus dia nanya " mas, butuh servis yg lain?…"….ya elah,…ternyata nyambi jadi penyalur TKW ta’ (tenaga kerja wanita)…..gue bilang capek aja mo istirahat….ternyata saya menginap di darerah lokalisai sodara sodara…..segitu lama di surabaya dulu gue kok kaga tau ya?…cuman doli doang……..gue jadi inget Sukartiningsih…"terkadang, cuma di tempat yang kotor dan berlumpur bisa tumbuh bunga teratai"…hahahaha gue bunga teratai di tempat itu…..ga juga non,….duit gue kurang waktu itu,…hayoooo.

Paginya, gue jalan ke tempat gue PKL dulu 1998,…aneh,…mereka ada yg teriak "Splitt",…wowwww,……masih inget, gue,..mba Movie (masih cakep aja mba,..lah kok hamil….ah godverdomme, kalo kata kompeni belanda dulu).

Dari itu jalan kaki….ke rumah Bu Slamet….sekitar 4 Km lah…bener2 "buy back memory" nih gue….rute gue dulu,…ngelewatin ruman Mas Mian….musuh gue selama di Surabaya,…begitu ngeliat dia kok seneng banget ya?…padahal dulu eneg bgt….Sampe di rumah Bu Slamet….Rumahnya sudah jadi gedung…ga mungkin, ga mungkin…..ternyata Bu Slamet udah pindah,…dan tetangga tetangga ga ada yg tau,…rumah sebelah pun udah ga ada…gue ngerasa sia sia bgt,….gue ke Surabaya cuma mau ketemu Ibu Slamet…Orang tua ke-2 gue,…Ibu,…sembah sujud buat Ibu,…Mungkin Ibu udah ga ada karena dulu aja ibu sudah sangat sepuh (tua),….

Jalan balik ke kantor tempat gue PKL dulu, Curhat sama Anita….trus Anita nyuruh istirahat dan malemnya kita dinner bareng,…ngomongin good old days. Dapet telpon mas Setyo, akhirnya janjian di terminal bis Bungur Asih, karena dia kerja di Airport,…gue menuju bali, karena yg gue cari di surabaya udah ga ada…Ke Bali tiket pesawat masih abis,…karena waktu itu tepat 100 tahun Harley Davidson,…tumpah ruah di Bali…jadi tiket bis, pesawat pada abis semua,..kebetulan juga pas liburan sekolah….naik Bis,…nah sampe daerah Python (pembangkit tenaga listrik yg gede banget itu lo,..sekitar jam 4 pagi,..trus laju ada restauran,…makan jam 4 pagi,…gue ke belakang restauran yg kebetulan emang tepi laut bgt,….duduk di pinggiran pantai ada, restorannya nyediain bangku di pinggir pantai ternyata..nah air lautnya bisa kena ke kaki,……..nah,…sampe pagi,…ndengerin lagunya Bic Runga itu lagi deh,… fyi, sepanjang perjalanan ya cuman lagunya "Good Morning Baby" sama "Sway" nya Bic Runga aja yg gue ulang ulang…..I was seaching in vain…sampai ketemu lagi ya Bu Salmet,…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar